$type=ticker$cols=5

Mengakomodasi Pegembangan Ekonomi Halal

Ekonomi syariah terus bertumbuh di Tanah Air. Untuk pembiayaan saja, saat ini masyarakat semakin dimudahkan untuk mendapatkan pinjaman be...

Ekonomi syariah terus bertumbuh di Tanah Air. Untuk pembiayaan saja, saat ini masyarakat semakin dimudahkan untuk mendapatkan pinjaman berbasis syariah. Satu perusahaan yang menyediakan layanan itu adalah PT Ammana Fintech Syariah.

Ammana merupakan perusahaan teknologi finansial (tekfin) yang memiliki ambisi besar untuk mengembangkan ekonomi halal. Memulai dari sektor UMKM, perusahaan gini mencoba untuk melebarkan sayap ke negara-negara lain, misal Malaysia dan Dubai.

"Sudah banyak faktor yang Ammana masuk, bukan hanya microfinance saja. Karena memang tugas kami sebagai jasa keuangan adalah mengakomodasi kebutuhan masyarakat dalam mengembangkan ekonomi halal, “ kata Co-founder dan CEO Ammana Luthfi Adhiansyah Muftie kepada wartawan Republika Retno Wulandhari di Jakarta.

Beberapa produk yang diluncurkan, antara lain umrah financing yang menjadi unggulan pada tahun ini. Perusahaan sudah mempunyai target penyaluran sampai Rp 500 miliar untuk 2020. Hal ini memungkinkan dilakukan mengingat sudah ada superlender yang si tasnya siap membiayai sampai sejumlah itu.

“Ammana menargetkan dapat menyalurkan pembiayaan hingga Rp 1 triliun pada tahun ini. Kami optimis target tersebut bisa tercapai karena status Ammana saat ini yang sudah berizin. Dengan berizin, kepercayaan investor terhadap Ammana tinggi sehingga sumber dana jauh lebih resourceful," katanya.

Dalam melebarkan sayap ke luar negeri, lanjut Lutfi, perusahaan banyak mendapatkan aspirasi dari diaspora. Dengan gaji valuta asing, para diaspora ini tidak tahu instrumen mana yang bisa memberikan kontribusi balik kepada indonesia. Harusnya tekfin, terutama syariah bisa menjadi jembatan agar menjawab kebutuhan diaspora tersebut.

Pada tahun ini, menurut dia, perusahaan melakukan ekspansi pertama ke Malaysia. Negara jiran ini dipilih karena ekosistem nya yang sudah cukup siap. Saat ini malaysia juga lebih dipandang sebagai hub investment untuk negara-negara Timur tengah.

Setelah malaysia, perusahaan akan melakukan ekspansi cara dubai. “mengapa  kami memilih negara-negara ini, karena memang sektor usaha serta instrumen nya sesuai dengan yang Ammana miliki," kata dia.

Perbankan Syariah tak Bisa Jadi Ukuran

Co-founder sekaligus CEO Ammana, Lutfi Adhiansyah Muftie, sangat jeli melihat potensi yang ada di dalam ekonomi syariah. Sejak pertama kali terjun ke industri ini melalui teknologi finansial (tekfin) Ammana, Lutfi menyadari potensi ekonomi syariah tidak bisa hanya diukur besarkan transaksi yang ada di perbankan syariah.

“Seringkali industri ekonomi syariah diukur dari performa perbankan syariah. Padahal ketika kita bicara layanan keuangan itu diukur nya dari ekosistem,”.

Dilihat dari ekosistemnya, menurut Lutfi, potensi ekonomi syariah bertumbuh jauh lebih besar daripada performa perbankan syariah. Ekonomi syariah sendiri erat kaitannya dengan industri halal, mulai dari makanan, kosmetik, busana, hingga perjalanan wisata halal.

Lutfi mengambil contoh potensi ekonomi syariah yang ada di jasa perjalanan Umrah. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jamaah umrah terbanyak. Pada tahun lalu, jumlah jamaah umrah indonesia mencapai 1, 2 juta orang. Dengan rerata biaya perjalanan sebesar Rp 20-25 juta per orang, potensi pembiayaan di sektor ini bisa mencapai Rp 24-30 triliun.

"Artinya, di situlah potensi sebuah jasa keuangan syariah dalam memberikan financing. Belum lagi kalau dilihat potensi dari halal fashion yang baru berkembang 5 tahun belakangan. Pertumbuhannya juga signifikan,” kata Lutfi

Selain pembiayaan, industri ekonomi syariah juga disebutnya memiliki wakaf yang merupakan antitesis dari kapitalisme. Menurut Lutfi, sampai saat ini potensi wakaf belum digali secara maksimal. Wakaf selama ini hanya digunakan untuk fasilitas sosial, belum digunakan menjadi instrumen yang lebih produktif.

Untuk memaksimalkan potensi ekonomi syariah melalui wakaf ini, menurut Lutfi, tekfin syariah merupakan salah satu kendaraan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Dari sisi pemantauan dana, tekfin memiliki unsur transparansi. Uang masuk dan uang keluar terlaporkan dengan baik melalui aplikasi.

Tidak seperti industri perbankan. Ketika nasabah meletakkan uang di deposito, mereka tidak pernah tahu uang akan digunakan ke sektor apa. Berbeda halnya ketika meletakkan dana di tekfin. Lender atau pemberi modal tahu persis di mana menempatkan dananya. “Peruntukannya jelas, dan progress laporan terhadap proyek juga clear, " kata Lutfi.

COMMENTS

Nama

Ekonomi Islam,1,Konsultasi Syariah,1,
ltr
item
Warta Islam : Mengakomodasi Pegembangan Ekonomi Halal
Mengakomodasi Pegembangan Ekonomi Halal
https://1.bp.blogspot.com/-7QF9IjkLpIc/Xkd0CYGkW3I/AAAAAAAAEms/euUsfCt3jowzMMpg46s62Qh-SJHclskzwCLcBGAsYHQ/s320/Mengakomodasi%2BPegembangan%2BEkonomi%2BHalal.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-7QF9IjkLpIc/Xkd0CYGkW3I/AAAAAAAAEms/euUsfCt3jowzMMpg46s62Qh-SJHclskzwCLcBGAsYHQ/s72-c/Mengakomodasi%2BPegembangan%2BEkonomi%2BHalal.jpg
Warta Islam
https://www.wartaislam.web.id/2020/02/mengakomodasi-pegembangan-ekonomi-halal.html
https://www.wartaislam.web.id/
https://www.wartaislam.web.id/
https://www.wartaislam.web.id/2020/02/mengakomodasi-pegembangan-ekonomi-halal.html
true
489027066838103903
UTF-8
Buka semua postingan Not found any posts LIHAT SEMUA Baca lagi Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat Semua Rekomendasi untuk Anda Warta Arsip PENCARIAN SEMUA POSTINGAN Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy